9 Fakta Mengejutkan Mobil Bugatti Chiron



9 Fakta Mengejutkan Mobil Bugatti Chiron - Produsen hypercar asal Prancis, Bugatti, baru-baru ini mengejutkan dunia otomotif dengan peluncuran mobil anyar yang dinamakan Chiron. Diperkenalkan di Geneva Motor Show, Swiss, di 29 Februari kemarin, Chiron menjadi mobil tercepat dalam dunia, menggantikan kakaknya, Bugatti Veyron.

Berikut 10 keaslian soal Bugatti Chiron yang perlu diketahui:

1. Dilafalkan "shir-on"
Salah jika kamu mengucapkan nama mobil itu "kai-ron" atau "chai-ron. " Pihak Bugatti mengatakan, jalan melafalkan nama mobil tersebut adalah "shir-on" dengan dialek Prancis. Nama Chiron diambil dari nama pembalap legendaris Bugatti, Louis Chiron.

2. Elemen hiasannya punya kegunaan spesial
Tampilan Chiron yang paling unik adalah lengkungan berbentuk C yang terjumpa di bagian samping bodi, memulur mencecah atap. Desain itu diambil dari mobil Bugatti Type 57SC buatan tahun 1930. Bukan sekedar pemanis, pilar C ini beroperasi menyalurkan udara bersih menurut mesin.

3. Logonya berasal dari perak mahal
Markah Bugatti yang terpasang pada grille (lubang radiator) di dalam moncong Chiron ini terdiri dari perak yang terbuat manual menggunakan tangan. Bila ada yang mencongkel tanda logo ini, maka pemiliknya bisa membeli pengganti seharga AS $ 550, ataupun sekitar Rp 7, 5 juta.

4. Pembelinya terpatok
Dengan banderol Bugatti Chiron yang mencapai AS $ 2, 7 juta, / sekitar Rp 36 miliar, tentu saja tidak sukarela orang bisa membeli mobil ini. Pihak Bugatti, pada rilisnya menyebutkan, setidaknya pemesan Chiron adalah orang-orang yang mampu memiliki 42 segmen mobil, sebuah jet karakter, kapal pesiar sendiri, 3 helikopter, dan empat wisma mewah.

5. Kecepatannya Meraih 442, 5 Km/jam
Kesebatan maksimal yang bisa dicapai Bugatti Chiron mencapai 442, 5 km/jam. Lebih lekas 7 km/jam dibandingkan belahan tuanya, Bugatti Veyron Tertinggi Sport, dan 5 km/jam lebih tinggi dari mobil hyper Henessy Venom GT.

6. Kecepatan akan Dibatasi
Walau top speednya dapat hampir menyentuh 450 km/jam, tapi Bugatti akan menyekat kecepatan Chiron maksimal 420 km/jam. Toh, walau demikian pemilik bisa meminta teknisi khusus yang disediakan Bugatti untuk membuka program pengunci kecepatan itu.

7. Mengenakan empat turbo
Mesin yang dipakai Chiron memang bukan biasa. Kapasitasnya 8. 0 liter berkonfigurasi W-16 bumbung, dan dilengkpai empat bagian turbo. Total, mobil tersebut punya kekuatan mencapai 1, 500 tenaga kuda. Menggunakan sistem penggerak seluruh jentera dan transmisi manual tujuh percepatan.

8. Bisa dipergunakan drifting
Produk Bugatti sebelumnya, Veyron, dikenal punya watak pengendalian (handling) yang jelek. Bugatti memperbaiki masalah tersebut dengan penggunaan sistem power steering elektrik, sistem suspensi canggih, dan didukung penerapan ban Michelin Pilot Teruk Sport yang membuat mobil ini mudah dikendalikan --bahkan bisa dipakai ngepot (drfiting).

9. Memakai 6 knalpot
Dilihat dari belakang, Bugatti Chiron tampak hanya mempunyai empat lubang knalpot. Akan tetapi sebetulnya mobil ini punya enam lubang pembuangan. 2 knalpot dipasang tersembunyi menentang ke samping kiri & kanan mobil. Keberadaan knalpot tambahan ini membuat kecakapan tekan (downforce) mobil kian baik, karena knalpot tersebut juga berfungsi seperti unsur diffuser yang dipakai mobil Formula 1.
9 Fakta Mengejutkan Mobil Bugatti Chiron 9 Fakta Mengejutkan Mobil Bugatti Chiron Reviewed by Mas Doni on 16.39 Rating: 5

Tidak ada komentar